Rabu, 16 November 2011

Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi


Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Militer

Dalam kemiliteran peranan TIK sangatlah diperlukan.Misalnya , untuk mengetahui wilayah perairan Indonesia dalam keadaan nyaman tanpa penyusup atau tidak,tentara AL harus mengetahui hal tersebut dengan bantuan sistem radar yang dihubungkan dengan satelit dan komputer.Dan untuk pengintaian di malam hari diperlukan teknologi radar inframerah yang dapat mengolah citra di malam hari sehingga walau dalam keadaan gelap tetap bisa waspada terhadap serangan musuh.

Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi di bidang Pendidikan

Pengembangan Tekonologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada hakekatnya ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.Kenyataan menunjukan TIK telah membawa perubahan penting dalam perkembangan peradaban dunia terutama ekonomi. Bahkan abad ke-21 diyakini akan menjadi abad baru yang disebut era informasi-ekonomi (digital-economic) dengan cirri khas perdagangan yang memanfaatkan peralatan elektronik (electronic commerce). Keadaan ini mengakibatkan adanya pergeseran paradigma strategis pembangunan masyarakat dunia dari era industri menuju informasi.
Dari berbagai peranan TIK salah satunya yaitu peranan Teknlogi Informasi dan Komunikasi di bidang pendidikan (e-education) tidak dapat dihindarkan lagi. Misalnya tidak mungkin lagi mengecek jumlah siswa yang hadir mengikuti pelajaran dari tahun ke tahun hanya dengan catatan di buku tahunan saja, demikian juga hasil nilai siswa yang diperoleh selama mengkuti pendidikan hanya mengandalkan buku nilai guru, leger sekolah atau buku induk sekolah , begitu pula pekerjaan sederhana apapun pekerjaan akan menjadi lebih efisien jika menggunakan computer. Pendidikan yang menggunakan sarana TIK terutama internet biasa disebut e-education
Kecenderungan dunia pendidikan di Indonesia pada masa yang mendatang hubungannya dengan perkembangan TIK sebagai berikut :
  1. Berkembangnya pendidikan terbuka dengan cara belajar jarak jauh (distance learning). Untuk menyelenggarakan pendidikan terbuka dan jarak jauh perlu dimasuka sebagai setrategi utama pendidikan jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi internet secara maksimal dapat memberikan efektifitas dalam hal waktu, tempat bahkan meningkatkan kualitas pendidikan.
  2. Terjadinya sharing resource (berbagi sumber daya) antara lembaga pendidikan dan pelatihan .
  3. Perpustakaan dan instrument pendidikan lainnya misalnya guru dan laboratorium berfungsi sebagai fasilitator bukannya sumber informasi.
  4. Penggunaan perangkat informasi interaktif seperti CD-ROM multimedia yang secara bertahap akan menggantikan fungsi papan tulis.
Manfaat internet bagi bidang pendidikan di Indonesia antara lain akan mendapatkan akses keperpustakaan, direktori sekolah, para pakar dapat melalukan perkuliahan secara online, penyediaan sarana informasi akademik lembaga pendidikan secara online dapat melaksankan kerjasama dengan lembaga lain melalui internet serta melakukan marketing dan promosi hasil karya penelitian secara lebih efisien.Disamping itu kita dapat merancang program artificial intelegence untuk membuat sebuah model rencana pengajaran.
Perkembangan TIK di bidang pendidikan memungkinkan adanya sistem belajar jarak jauh dengan menggunakan media internet untuk menghubungan antara mahasiswa dengan dosennya. Melihat nilai mahasiswa secara online, mengecek keuangan, mengecek jadwal kuliah mengirimkan berkas tugas yang diberikan dosen. Sistem pendidikan TIK terbukti telah berhasil menurunkan angka putus sekolah dan meningkatkan nilai rata-rata ujian.

Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi Di Bidang Kesehatan

Ada banyak cara yang dilakukan untuk menerapkan TIK di bidang kesehatan.Diantaranya TIK digunakan untuk memfasilitasi konsultasi,diagnosis, dan pengobatan jarak jauh di Negara-negara berkembang.
Para dokter di tempat-tempat terpencil  dapat memanfaatkan TIK untuk memperoleh keterampilan dan pengalaman professional teman sejawatnya dari lembaga rujukan di perkotaan.Pekerja-pekerja kesehatan di Negara berkembang dapat mengakses pelatihan medis yang relevan melalui mekanisme yang dimungkinkan oleh TIK.

Peran Teknologi Informasi Komunikasi di Bidang Perdagangan

Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktivitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Teknologi informasi dan komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakan segala aktivitasnya. Salah satunya yaitu aktivitas didalam bidang ekonomi, seperti aktivitas perusahaan, dunia bisnis, Bisinis Online Internet, Perbankan, dan Perkantoran.

Peran Teknologi Informasi Komunikasi di Bidang Otomotif



Kadin dan Kemenkominfo mendorong penerapan dan penyelarasan sistem teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam dunia otomotif di Indonesia, menyusul keberadaannya sebagai bagian dari komponen logistik.
Wakil Ketua Umum Bidang Otomotif , Distribusi dan Logistik Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Natsir mansyur mengatakan TIK menjadi penting bagi logistik, mengingat efektivitas dan efisiensi yang mampu diberikan.
Menurut dia, pemanfaatan TIK mampu dapat memudahkan aktivitas industri mulai dari proses produksi hingga pemasaran, sehingga ditengarai mampu memotong beban/biaya operasional perusahaan, khususnya di bidang logistik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar